Tool Pemantauan Perencanaan dan Penganggaran Desa Partisipatif Dan Inklusif


Memasuki tahun kedua pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2016 tentang Desa, tantangan dan hambatan yang dihadapi masih cukup beragam, terutama dengan tingkat pemahaman perangkat desa dan kelompok warga tentang perencanaan dan penganggaran desa yang inklusif; sebagai substansi utama pengaturan dalam regulasi tersebut. Praktek menjalankan pembangunan desa pun terkesan tidak mengalami perubahan berarti. Pembangunan desa tampaknya masih menjadi arena utama para elit desa, sehingga kelompok marginal seperti kelompok masyarakat miskin, perempuan, anak-anak, dan penyandang disabilitas masih belum mendapatkan ruang yang berarti dalam keikutsertaan mereka dalam setiap proses membangun desa. Partisipasi seluruh komponen masyarakat desa memungkinkan adanya jaminan kue pembangunan dapat dinikmati secara berkeadilan.

Dana desa saat ini tampaknya belum dialokasikan secara tepat, karena penggunaannya tidak dilaksanakan sesuai prinsip pengelolaan keuangan desa; partisipatif, transparan dan akuntabel. Dengan demikian, dana desa yang meningkat setiap tahun tidak akan berdampak signifikan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga desa, mengurangi angka kemiskinan dan menyediakan lapangan pekerjaan.

Pemahaman yang tepat sesuai perspektif UU Desa dan berimbang antar stakholder, pemerintah desa dan warga, akan mendorong menguatnya partisipasi dan akuntabilitas. Sejalan dengan itu, tujuan besar pembangunan desa pun berpeluang besar tercapai, yaitu mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan warga, dan memberdayakan warga.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka kami memandang perlu untuk mengembangkan Tool Pemantauan “Perencanaan dan Penganggaran Desa yang Partisipatif dan Inklusif”. Pengembangan tool ini diniatkan sebagai bagian dari upaya mengawal pembangunan desa dan memberdayakan warga desa.

About FITRA NTB

FITRA NTB adalah organisasi nonpemerintah (NGO) yang inklusif, berpihak pada rakyat, sensitif jender dan independen. Didirikan oleh sekelompok tokoh muda NTB dan memiliki jaringan di seluruh kabupaten/kota se-NTB dan jaringan secara nasional di provinsi se-Indonesia..
    Blogger Comment
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Baris Video